SEJARAH MADRASAH

Era kolonialisme yang telah berlangsung di Indonesia selama lebih dari tiga abad yang telah mewariskan begitu banyak warisan penderitaan seperti kebodohan, kemiskinan, perpecahan serta kehinaan yang pada gilirannya demikian merendahkan harga diri sebuah bangsa. Telah ditelusuri oleh para ahli, bahwa diantara penyebab utama keadaan ini adalah “kebodohan anak bangsa yang disengaja dipelihara para penjajah”. Saran pendidikan, kalau pun ada itu, itu hanya diperuntukkan terbatas bagi segelintir kalangan “elit”, seperti para pejabat atau kaum bangsawan, yang tempatnya pun di daerah perkotaan. Kondisi demikianlah tidaklah berbeda di wilayah Banten, dan secara lebih khusus di Desa Sumuranja, Kecamatan Bojonegara Kabupaten Serang, dimana sebagian besar penduduknya berada dalam keadaan serba kekurangan, terutama dalam hal pendidikan.

Keadaan ini terus berlangsung hingga tahun 1900-an, saat beberapa “putra daerah” dengan segala keterbatasan dapat menuntut ilmu di luar daerah terutama di pesantren-pesantren Citangkil, Cilegon dan sebagainya. Sepulang dari pendidikan pesantren tersebut, kaum terpelajar ini memberikan inspirasi, dorongan, dan segala upaya untuk dapat menyelenggarakan pendidikan di Desa Sumuranja. Pada sekitar tahun 1933 didirikanlah Madrasah Ibtidaiyah “Al-Khairiyah” di Sumuranja dengan staf pengajar, para kiyai alumni pesantren tersebut. Pada tokoh pengurus/pendiri dan staf pengajar madrasah ini sejatinya juga adalah pendiri Madrasah Tsanawiyah di Sumuranja ini.

Menyusul 35 tahun kemudian, tepatnya pada 8 Agustus 1968 didirikanlah Madrasah Tsanawiyah “Al-Khairiyah” Sumuranja oleh tokoh pendidik/ulama/kiyai seperti: KH. Abdul Khalik, Ki Murtadho, KH. Muslih dan tokoh masyarakat seperti H. Halimi serta dengan dukungan penuh dari masyarakat.

Berikut data lengkap tentang pendiri dan pengajar MTs Al-Khairiyah Sumuranja (tahun 1968) serta Struktur keorganisasiannya pada masa awal ini, yaitu:

Perancang dan Pendiri :

1. Ust. Murtadho

2. Ust. KH. Muslih

3. Ust. KH. Abdul Khalik

4. Ust. Ki Abdul Hak

5. Ust. KH. Saniin

6. H. Satibi, BA

7. Abdul Muti

8. H. Samlawi

9. H. Fatani

10. H. Mahfud

KLIK DISINI untuk download sejarah lengkap MTsN 5 Serang